Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Al-Qantarah dan Qishas Antara Orang-orang yang Beriman

Halaqah 67 – Silsilah Beriman Kepada Hari Akhir
Al-Qantarah dan Qishas Antara Orang-orang yang Beriman

Al-Qantarah secara bahasa adalah jembatan.

Adapun secara syariat maka yang dimaksud dengan Al-Qantarah adalah jembatan lain setelah shirath yang terletak antara neraka dan surga, tempat berkumpulnya orang-orang yang beriman setelah melewati neraka sebelum masuk ke dalam surga.

Termasuk beriman kepada hari akhir adalah beriman dengan adanya Qantarah ini. Tempat akan dibersihkan hati-hati orang-orang yang beriman dengan di qishas di antara mereka. Dan ini menunjukkan keadilah Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.

Rasulullah ﷺ bersabda:

يخْلُصُ الْمُؤْمِنُونَ مِنَ النَّارِ فَيُحْبَسُونَ عَلَى قَنْطَرَةٍ بَيْنَ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ فَيُقَصُّ لِبَعْضِهِمْ مِنْ بَعْضٍ مَظَالِمُ كَانَتْ بَيْنَهُمْ فِي الدُّنْيَا حَتَّى إِذَا هُذِّبُوا وَنُقُّوا أُذِنَ لَهُمْ فِي دُخُولِ الْجَنَّةِ، فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَأَحَدُهُمْ أَهْدَى بِمَنْزِلِهِ فِي الْجَنَّةِ مِنْهُ بِمَنْزِلِهِ كَانَ فِي الدُّنْيَا

“Orang-orang yang beriman yang selamat dari neraka, mereka akan ditahan di Al-Qantarah yang terletak di antara surga dan neraka. Kemudian di qishas kedzaliman-kedzaliman yang terjadi di antara mereka di dunia. Sehingga apabila sudah dibersihkan dan disucikan mereka akan diizinkan untuk masuk surga. Dan demi Dzat Yang Jiwa Muhammad berada di tangan-Nya. Sungguh salah seorang dari mereka lebih mengetahui rumahnya di surga dari pada rumahnya di dunia” (HR. Bukhari)

Yang akan dibersihkan di sini adalah ghill yang ada didalam hati hati orang-orang yang beriman, seperti hasad, dendam, kebencian dan lain-lain yang kadang terjadi di antara mereka. Semakin bersih hati seseorang di dunia dari ghill maka akan semakin sebentar qishasnya dan akan semakin cepat dia masuk ke dalam surga.

Sebaliknya, semakin banyak ghill hasad, dendam dan kebencian kepada sesama orang yang beriman, maka akan semakin lama qishasnya dan semakin lama dia masuk ke dalam surga.

Qishas di Qantarah ini terjadi di antara orang yang beriman saja, dengan maksud pembersihan hati. Adapun Qishas di Padang Mahsyar, maka untuk semua makhluk yang kafir maupun yang mukmin. Yang mencakup qishas karena kedzaliman harta, fisik maupun kehormatan.

Apabila sudah bersih dari ghill barulah mereka bisa masuk surga. Karena tidak masuk surga kecuali orang yang sudah benar-benar sudah bersih dan baik keadaannya.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَنَزَعۡنَا مَا فِى صُدُورِهِم مِّنۡ غِلٍّ إِخۡوَٲنًا عَلَىٰ سُرُرٍ۬ مُّتَقَـٰبِلِينَ

“Dan Kami akan hilangkan ghill dari dalam dada-dada mereka” (Al-Hijr: 47)

Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى membersihkan hati kita dan saudara-saudara kita dari hasad, dendam dan kebencian yang tidak dibenarkan. Dan semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang mudah untuk memaafkan orang lain.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan