Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Apa itu Tauhid

Halaqah 6 – Belajar Tauhid

Apa itu Tauhid

 

Sebelum kita jauh melangkah didalam silsilah ini, tentunya kita harus benar-benar memahami apa makna tauhid yang wajib kita pelajari dan kita amalkan.

Tauhid secara bahasa adalah mengesakan. Adapun secara istilah, maka tauhid adalah mengesakan Allah didalam beribadah.

Seseorang tidak dinamakan bertauhid, sehingga dia meninggalkan peribadatan kepada selain Allah. Seperti berdoa kepada selain Allah, bernadzar untuk selain Allah, menyembelih untuk selain Allah, dan lain-lain. Apabila seseorang beribadah kepada Allah dan menyerahkan sebagian ibadah kepada selain Allah siapapun dia, baik kepada seorang nabi, malaikat, atau selainnya, maka inilah yang dinamakan dengan syirik, yaitu menyekutukan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى di dalam beribadah.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ لِأَبِيهِ وَقَوْمِهِ إِنَّنِي بَرَاءٌ مِّمَّا تَعْبُدُونَ

إِلَّا الَّذِي فَطَرَنِي

“Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kalian sembah. Kecuali dzat yang telah menciptakan aku” (az-Zukhruf: 26-27)

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَكَفَرَ بِمَا يُعْبَدُ مِنْ دُوْنِ اللهِ حَرُمَ مَالُهُ وَدَمُهُ وَحِسَابُهُ عَلَى اللهِ

“Barang siapa yang mengatakan لااله الا الله dan mengingkari segala sesuatu yang disembah selain Allah, maka haram harta dan darahnya (yaitu tidak boleh diganggu), dan perhitungannya adalah atas Allah” (HR.Muslim, Shahih)

Oleh karena itu rukun kalimat tauhid لااله الا الله ada 2:

  1. Nafi (pengingkaran), yaitu kalimat لا اله yang artinya tidak ada tuhan yang berhak disembah. Ini adalah kalimat pengingkaran, yakni mengingkari tuhan-tuhan selain Allah.
  2. Itsbat (penetapan) pada kalimat الا الله yang artinya kecuali Allah. Ini adalah kalimat penetapan, yakni menetapkan Allah sebagai satu-satunya sesembahan.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan