Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Arkanul Islam (Rukun-rukun Islam)

Halaqah 6

Arkanul Islam (Rukun-rukun Islam)

 

Syariat Islam yang dibawa oleh Rasulullah terdiri dari amalan yang dzahir dan juga amalan yang bathin.

 

Amalan dzahir yang paling penting adalah rukun Islam yang jumlahnya ada 5, yang tercantum didalam sabda Nabi:

اْلإِسِلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكاَةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً

“Islam adalah engkau bersyahadat Laa ilaaha illallah dan bahwasanya Muhammad Rasulullah, dan mendirikan sholat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan melakukan haji apabila engkau mampu menuju kesana” (HR. Muslim)

 

Pertama adalah persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, dan bahwasanya Muhammad adalah Rasulullah. Dan maknanya telah diterangkan dalam silsilah ‘ilmiyyah nomor 1 sampai 3.

 

Yang kedua, mendirikan sholat 5 waktu. Dan hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang dewasa dan juga berakal. Barangsiapa yang mengingkari kewajiban sholat, maka dia adalah kafir. Dan barangsiapa yang meninggalkannya karena malas, padahal mengakui kewajiban tersebut, maka dia berada didalam bahaya yang besar, karena para ulama berselisih tentang kekafiran orang tersebut.

 

Yang ketiga, membayar zakat. Hukumnya adalah wajib, sebagaimana sholat 5 waktu hukumnya juga wajib bagi orang yang terpenuhi syarat-syarat wajibnya. Dan hikmahnya adalah membersihkan jiwa dan juga harta seseorang.

 

Yang keempat, berpuasa dibulan Ramadhan. Wajib bagi seorang muslim yang dewasa, berakal, memiliki kemampuan, dan juga tidak ada penghalang, seperti haid dan juga nifas.

 

Adapun yang kelima, maka menunaikan ibadah haji. Hukumnya wajib, sekali dilakukan seumur hidup bagi orang yang mampu pergi kesana. Dan seorang muslim dan juga muslimah hendaklah memberikan perhatian yang besar kepada rukun Islam ini.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan