Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Beriman Dengan Amalan-amalan Malaikat – Bagian 9

Halaqah 20 – Beriman Dengan Malaikat

Beriman Dengan Amalan-amalan Malaikat – Bagian 9

Diantara amalan malaikat dan tugas mereka yang berkaitan dengan alam semesta,

  1.  Menjaga Kota Mekkah dan Madinah

Mekkah dan Madinah adalah 2 kota yang dimuliakan Allah.

Mekkah, di dalamnya ada Baitullah, dan Madinah adalah tempat hijrah Nabi ﷺ, tempat kuburan Beliau, dan disanalah Beliau akan dibangkitkan, dan keutamaan 2 kota ini sangat banyak.

 

Diantara malaikat Allah ada yang ditugaskan menjaga kota Mekkah dan Madinah dari Dajjal.

Rasulullah ﷺ bersabda:

لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلَّا سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ ، إِلَّا مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ لَيْسَ لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ إِلَّا عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ صَافِّيْنَ يَحْرُسُونَهَا ، ثُمَّ تَرْجُفُ الْمَدِينَةُ بِأَهْلِهَا ثَلَاثَ رَجَفَاتٍ ، فَيُخْرِجُ اللَّهُ كُلَّ كَافِرٍ وَمُنَافِقٍ

“Tidak ada sebuah negeri kecuali akan diinjak oleh Dajjal, kecuali Mekkah dan Madinah. Tidak ada jalan dikota Madinah, kecuali ada malaikat-malaikat yang berbaris menjaganya. Kemudian goncanglah kota Madinah dengan penduduknya 3 kali goncangan, maka Allah mengeluarkan darinya setiap orang kafir dan munafiq” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Di dalam hadits yang lain, Beliau ﷺ bersabda:

عَلَى أَنْقَابِ الْمَدِينَةِ مَلاَئِكَةٌ لاَ يَدْخُلُهَا الطَّاعُونُ وَلاَ الدَّجَّالُ

“Di seluruh jalan-jalan Madinah ada malaikat-malaikat. Madinah tidak akan dimasuki wabah penyakit dan Dajjal” (HR.Bukhari dan Muslim)

 

  1.  Menaungi Negeri Syam

Negeri Syam adalah negeri yang Allah berkahi. Di sana ada Masjidil ‘Aqsha, salah satu masjid yang kita dianjurkan untuk ke sana dalam rangka ibadah. Masjidil ‘Aqsha adalah tempat Nabi ﷺ ber-isra dan dari sanalah Beliau di-mi’rajkan ke langit.

 

Allah telah menugaskan sebagian malaikat untuk membentangkan sebagian sayapnya disana.

Rasulullah ﷺ bersabda:

طُوبَى لِلشَّامِ . فَقُلْنَا : لِأَيٍّ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ قَالَ : لِأَنَّ مَلَائِكَةَ الرَّحْمَنِ بَاسِطَةٌ أَجْنِحَتَهَا عَلَيْهَا

“Keberuntungan bagi negeri Syam.” Maka para shahabat رضي الله عنهم berkata, “Mengapa yang demikian, wahai Rasulullah?” Maka Beliau ﷺ berkata, “Karena malaikat-malaikat Ar-Rahman membentangkan sayap mereka atas negeri Syam” (Hadits Shahih diriwayatkan oleh At-Tirmidzi)

 

Demikianlah sebagian tugas yang berkaitan dengan alam semesta. Allah-lah yang memerintahkan malaikat, mengizinkan mereka dan menghendaki, sedangkan malaikat yang melaksanakan dan mengatur langsung dengan perintah, izin dan kehendak Allah.

Apa yang mereka lakukan tidak keluar dari perintah Allah.

Allah berfirman:

 لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Mereka tidak memaksiati Allah di dalam apa yang Allah perintahkan dan mereka mengerjakan apa yang diperintahkan” (at-Tahrim: 6)

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan