Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Beriman Dengan Keberadaan Malaikat Allah

Halaqah 2 – Beriman Dengan Malaikat

Beriman Dengan Keberadaan Malaikat Allah

 

Diantara beriman dengan malaikat-malaikat Allah adalah beriman dengan keberadaan mereka. Dan ilmu tentang keberadaan malaikat adalah termasuk ilmu yang darurat diketahui seorang muslim.

 

Allah telah mengabarkan tentang mereka didalam Al-Qur’an dan Rasulullah ﷺ didalam hadits-hadits yang shahih disebutkan tentang sebagian nama-nama mereka, sifat-sifat mereka, amalan-amalan mereka, pertemuan mereka dengan sebagian Nabi dan orang-orang shalih.

 

Ini semua menunjukkan kepada kita tentang kebenaran keberadaan mereka. Dan kaum muslimin telah bersepakat tentang keberadaan malaikat Allah. Bahkan umat-umat yang mendustakan para Rasul, mereka mengakui keberadaan malaikat.

 

Sebagaimana Allah sebutkan dalam beberapa ayat diantaranya adalah firman Allah عَزَّ وَ جَلَّى

فَقَالَ الْمَلَأُ الَّذِينَ كَفَرُوا مِن قَوْمِهِ مَا هَذَا إِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُرِيدُ أَن يَتَفَضَّلَ عَلَيْكُمْ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَأَنزَلَ مَلَائِكَةً مَّا سَمِعْنَا بِهَذَا فِي آبَائِنَا الْأَوَّلِينَ

Maka berkatalah sekelompok orang orang kafir dari kaum Nuh tidaklah orang ini kecuali manusia seperti kalian, ingin melebihi kalian dan seandainya Allah menghendaki niscaya Allah akan menurunkan malaikat, kita tidak pernah mendengar hal ini dari nenek moyang terdahulu (al-Mu’minun: 24)

Dan diantara sifat seorang yang bertaqwa adalah beriman dengan perkara perkara yang ghaib.

 

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ

Mereka beriman dengan yang ghaib (al-Baqarah: 3)

Tidak boleh seorang muslim mengingkari keberadaan malaikat atau ragu-ragu karena tidak pernah melihatnya atau tidak pernah mendengar suaranya. Dan tidak boleh menta’wilnya dengan ta’wil yang tidak berdasar, seperti meyakini bahwa malaikat hanyalah nama kekuatan yang baik dan bukan makhluk yang hakiki.

Barangsiapa yang mengingkari keberadaan malaikat setelah datangnya ilmu yang jelas dan hujjah yang nyata maka sungguh dia telah kufur.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan