Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Beriman Dengan Sifat-Sifat Fisik Malaikat – Bagian 2

Halaqah 7 – Beriman Dengan Malaikat

Beriman Dengan Sifat-Sifat Fisik Malaikat – Bagian 2

 

  1. Bahwasanya malaikat berbicara

Dalil didalam Al-Qur’an dan Hadits banyak yang menunjukkan bahwasanya malaikat berbicara, mereka berbicara dengan Allah.

Sebagaimana dengan firman Allah:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

“Dan ketika Rabbmu berkata kepada malaikat-malaikat. Sesungguhnya Aku akan menjadikan dibumi seorang khalifah. Mereka berkata apakah Engkau menjadikan dibumi orang yang akan membuat kerusakan didalamnya dan menumpahkan darah sedangkan kami bertasbih dengan memuji-Mu dan menyucikan-Mu. Allah berkata, Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui” (al-Baqarah: 30)

 

Mereka berbicara dengan para Nabi sebagaimana ayat yang menceritakan pembicaraan mereka dengan Nabi Ibrahim. (Lihat adz-Dzariyat: 24 – 34)

 

Dan pembicaraan mereka dengan Nabi Luth. (Lihat surat Hud: 81)

 

Dan didalam hadits Jibril, malaikat Jibril عليه السلام berbicara dengan nabi kita Muhammad ﷺ bertanya tentang Islam, Iman dan juga Ihsan. (HR.Muslim)

 

Dan mereka berbicara juga dengan orang-orang shalih.

Sebagaimana firman Allah menceritakan tentang pembicaraan malaikat kepada Maryam:

وَإِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفَاكِ عَلَى نِسَاءِ الْعَالَمِينَ

“Dan ketika para malaikat berkata wahai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilihmu dan menyucikanmu dan memilihmu diantara wanita wanita seluruh alam” (Ali-‘Imran: 42)

 

Mereka berbicara dengan penduduk surga. (Lihat surat ar-Ra’d 23 – 24)

 

Dan mereka berbicara dengan penduduk neraka. (Lihat surat Ghafir 49 – 50)

 

Dan diantara sifat malaikat:

  1. Bahwasanya malaikat memiliki kemampuan menjelma sebagai manusia dengan izin Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى

Allah berfirman didalam kisah Maryam:

فَاتَّخَذَتْ مِن دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

“Maka Maryam memasang hijab (tabir) yang melindungi diri beliau dari keluarganya. Maka kami pun mengutus kepadanya ruh kami yaitu Jibril, maka Jibril menjelma dihadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna” (Maryam: 17)

 

Kisah Ibrahim dan Luth bersama malaikat, dan juga hadits Jibril termasuk diantara dalil-dalil tentang sifat malaikat ini. Dan hendaknya kita mewaspadai keyakinan sebagian orang yang mengingkari sifat ini, seperti kelompok mu’tazilah yang menganggap hal ini hanyalah khayalan orang yang melihat.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan