Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Bersumpah dengan Selain Nama Allah

Halaqah 19 – Belajar Tauhid

Bersumpah dengan Selain Nama Allah

 

Sumpah adalah menguatkan perkataan, dengan menyebutkan sesuatu yang diagungkan, baik oleh yang berbicara maupun yang diajak bicara. Kalau bahasa arab maka menggunakan huruf و atau ب atau ت. Adapun bahasa Indonesia maka menggunakan kata “demi”.

 

Bersumpah hanya diperbolehkan dengan nama Allah semata. Misalnya dengan mengatakan wallahi demi Rabb yang menciptakan langit dan bumi, demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, dan lain-lain.

 

Adapun makhluk, bagaimanapun agungnya di mata manusia, maka tidak boleh kita bersumpah dengan namanya, misalnya dengan mengatakan demi Rasulullah, demi ka’bah, demi Jibril, demi langit dan bumi, demi bulan dan bintang, dan lain-lain. Ini semua termasuk jenis pengagungan terhadap makhluk yang terlarang.

 

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْأَشْرَكَ

“Barangsiapa yang bersumpah dengan selain nama Allah, maka sungguh dia telah berbuat syirik” (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani رَحِمَهُ اللهُ)

 

Syirik dalam hadits ini pada asalnya adalah syirik kecil yang tidak mengeluarkan seseorang dari Islam, namun bisa sampai kepada syirik besar apabila dia mengucapkan sumpah dengan makhluk disertai pengagungan seperti kalau dia mengagungkan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.

 

Seperti sumpah yang dilakukan oleh orang-orang musyrik, dengan mengatakan demi wisnu atau demi dewa fulan, atau demi latta dan lain-lain.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan