Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Dajjal – Bagian 2

Halaqah 16 – Beriman Kepada Hari Akhir
Dajjal – Bagian 2

Rasulullah sebagai seorang nabi yang sangat menginginkan keselamatan bagi umatnya telah menyebutkan di dalam hadits-hadits yang shahih tentang ciri-ciri Dajjal, diantaranya:

Bahwasanya Dajjal adalah orang yang gemuk badannya, kulitnya berwarna merah, rambutnya keriting, mata kanannya buta, mata kirinya seperti anggur, dan tertulis diantara kedua matanya 3 huruf kaf fa ra (ك ف ر ). Dalam riwayat yang lain disebutkan kafir.

Semua orang yang beriman bisa membaca baik yang buta huruf maupun yang tidak buta huruf.

Ciri-ciri di atas disebutkan di dalam hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan juga Muslim.

Di dalam shahih Muslim disebutkan bahwasanya Dajjal tidak memiliki anak. Orang yang mengenal Allah mengetahui bahwasanya Dajjal bukanlah Rabbul ‘Alamin. Mereka tahu bahwasanya Allah tidak dilihat di dunia dan Allah tidak buta sebelah.

Adapun kehebatan yang dimiliki oleh Dajjal, maka semuanya adalah dengan izin Allah untuk menguji keimanan para hamba.

Rasulullah ﷺ bersabda:

فَإِنْ أُلْبِسَ عَلَيْكُمْ ربكم فَاعْلَمُوا أَنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَر وَإِنَّكُمْ لَمْ تَرَوْن رَبَّكُمْ حَتَّى تَمُوتُوا

“Apabila samar bagi kalian Rabb kalian, maka ketahuilah bahwasanya Rabb kalian tidaklah buta sebelah matanya, dan sesungguhnya kalian tidak akan melihat Rabb kalian sampai kalian meninggal dunia” (HR. Ahmad dan Abu Dawud, dishahihkan oleh Syaikh Albani)

Dajjal akan tinggal di bumi selama 40 hari. Satu hari pertama seperti setahun, satu hari kedua seperti sebulan, satu hari ketiga seperti seminggu, dan hari-hari yang lain seperti hari-hari biasa. (HR. Muslim)

Jadi kurang lebih apabila dihitung dengan hari-hari biasa dia akan tinggal di bumi selama 1 tahun 2 setengah bulan.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan