Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Dajjal – Bagian 3

Halaqah 17 – Beriman Kepada Hari Akhir
Dajjal – Bagian 3

Seorang muslim hendaknya mencari jalan keselamatan dari fitnah Dajjal.

Diantaranya yang pertama, berusaha mengenal Allah dengan nama-nama dan sifat-sifatnya. Karena orang yang mengikuti Dajjal adalah orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Yang kedua menaati Rasulullah ﷺ. Karena Dajjal ketika dikabarkan oleh Tamim ad-Daari dan juga kawan-kawannya bahwasanya Muhammad telah muncul dan menang dan menjadi orang yang ditaati, maka Dajjal mengatakan yang artinya:

“Ketahuilah bahwasanya menaati dia (Muhammad ﷺ) adalah lebih baik bagi mereka” (HR. Muslim)

Yang ketiga, adalah memperbanyak membaca doa ketetapan hati.

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Yang keempat, adalah membaca doa yang diajarkan Nabi ﷺ sebelum salam.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Sebagian pendahulu kita dahulu menyuruh anaknya untuk mengulang sholat lagi, apabila tidak membaca doa ini ketika sholat.

Yang kelima, adalah berusaha menjauh dari Dajjal apabila mendengar tentang kedatangannya. Karena Dajjal memiliki syubhat kerancuan yang bisa menggoyahkan iman seseorang.

Rasulullah ﷺ bersabda yang artinya:
“Barangsiapa yang mendengar tentang Dajjal, maka hendaklah menjauh darinya. Karena demi Allah, sesungguhnya seseorang mendatangi Dajjal, dan dia menyangka bahwasanya dia adalah beriman, ternyata kemudian dia mengikuti Dajjal tersebut karena melihat syubhat yang dimiliki oleh Dajjal tersebut” (HR. Abu Dawud, Shahih)

Di dalam shahih Muslim disebutkan bahwasanya manusia akan pergi ke gunung-gunung untuk menghindari Dajjal.

Yang keenam, apabila mampu maka hendaklah dia pergi ke 2 tanah haram, Mekkah dan juga Madinah. Karena keduanya tidak bisa dimasuki oleh Dajjal. (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang ketujuh, apabila terpaksa bertemu dengan Dajjal maka hendaklah dia bersabar, tetap diatas kebenaran dan tidak menaati Dajjal tersebut. Dan hendaknya dia membaca 10 ayat yang pertama dari surat al-Kahfi.

Rasulullah ﷺ bersabda yang artinya:
“Barangsiapa diantara kalian yang menemui Dajjal, maka hendaklah dia membaca awal dari surat al-Kahfi” (HR. Muslim)

Dalam hadits yang lain beliau mengatakan:
“Barangsiapa yang menghapal 10 ayat yang pertama dari surat al-Kahfi, maka dia akan terjaga dari Dajjal” (HR. Muslim)

Yang kedelapan, apabila melihat Dajjal membawa 2 sungai (sungai dari api dan sungai dari air), maka petunjuk nabi ﷺ hendaknya kita memejamkan mata, menundukkan kepala, kemudian meminum dari sungai api, karena sebenarnya itu adalah air yang dingin. (HR. Muslim)

Dajjal muncul dimasa Imam Mahdi sebelum turunnya nabi Isa, dan akan dibunuh oleh Nabi Isa.

Kewajiban seorang muslim adalah beriman dengan munculnya Dajjal sebagaimana dikabarkan nabi ﷺ di dalam hadits-hadits yang shahih.

Dajjal bukanlah khayalan atau simbol kerusakan semata.

Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melindungi kita dan keluarga kita dari fitnah Dajjal.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan