Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Datangnya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى untuk Memberi Keputusan

Halaqah 37 – Beriman Kepada Hari Akhir
Datangnya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى untuk Memberi Keputusan

Setelah nabi ﷺ diizinkan untuk melakukan syafaat dan diterima syafaatnya oleh Allah, maka Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى akan datang untuk memberi keputusan bagi penduduk mahsyar, dan menghisab amalan-amalan mereka.

Allah datang dengan cara yang sesuai dengan keagungan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى. Tidak mengetahui bagaimananya kecuali Allah.

Kewajiban kita adalah beriman bahwasanya Allah akan datang. Tidak boleh kita ingkari, tidak boleh kita serupakan datangnya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى dengan datangnya makhluk. Dan tidak boleh kita ta’wil dengan mengatakan bahwasanya yang datang adalah perintahNya, atau urusanNya, atau adzabNya.

Langit akan pecah dengan awan putih. Allahu a’lam dengan hakikatnya. Akan diturunkan para malaikat dan mereka akan datang dengan bershaf-shaf.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَجَاءَ رَبُّكَ وَالْمَلَكُ صَفًّا صَفًّا

“Dan datanglah Rabb-mu dan para malaikat bershaf-shaf” (al-Fajr: 22)

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى juga berfirman:

وَيَوْمَ تَشَقَّقُ السَّمَاءُ بِالْغَمَامِ وَنُزِّلَ الْمَلَائِكَةُ تَنزِيلًا

“Dan hari dimana langit akan pecah dengan awan putih, dan diturunkan para malaikat” (al-Furqon: 25)

Ketika Allah datang, bersinarlah bumi dengan cahaya Allah. Dan didatangkan para nabi dan para malaikat pencatat amal yang baik maupun yang jelek, yang mereka akan dijadikan saksi.

وَأَشْرَقَتِ الْأَرْضُ بِنُورِ رَبِّهَا وَوُضِعَ الْكِتَابُ وَجِيءَ بِالنَّبِيِّينَ وَالشُّهَدَاءِ وَقُضِيَ بَيْنَهُم بِالْحَقِّ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

“Dan bumi akan menjadi terang dengan cahaya Rabb-nya. Dan diletakkan kitab-kitab. Dan didatangkan para nabi dan juga para syuhada yaitu para malaikat. Dan diputuskan diantara mereka dengan haq. Dan mereka tidak akan didzalimi” (az-Zumar: 69)

Allah akan melipat langit:

يَوْمَ نَطْوِي السَّمَاءَ كَطَيِّ السِّجِلِّ لِلْكُتُبِ

“Hari dimana kami akan menggulung langit, seperti menggulung lembaran-lembaran kertas” (al-Anbiya: 104)

Allah akan menggenggam bumi dan melipat langit dengan tangan kanannya. Kemudian berkata “Aku adalah raja, dimana raja-raja bumi?” (HR. Bukhari dan Muslim, Shahih)

Suara Allah didengar penduduk mahsyar yang jauh maupun yang dekat. Sebagaimana di dalam shahih Bukhari. Dialah Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى Maaliki Yaumiddin (Raja yang menguasai hari pembalasan).

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan