Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Fitnah Kubur

Halaqah 8 – Beriman Kepada Hari Akhir
Fitnah Kubur

Diantara beriman kepada hari akhir, adalah beriman dengan adanya fitnah kubur. Fitnah secara bahasa artinya adalah ujian. Fitnah kubur adalah 3 pertanyaan yang akan diajukan oleh malaikat Munkar dan Nakir kepada mayit, baik seorang mukmin, kafir, maupun orang munafik.

Ditanya tentang siapa Rabbnya? siapa Nabinya? dan apa agamanya?

Suatu hari Rasulullah ﷺ pernah menguburkan mayit bersama para sahabat. Kemudian beliau berkata kepada mereka:

اسْتَغْفِرُوا لِأَخِيكُمْ وَاسْأَلُوا لَهُ التَّثْبِيتَ ، فَإِنَّهُ الْآنَ يُسْأَلُ

“Hendaklah kalian memohon ampun untuk saudara kalian, dan mintalah untuknya ketetapan hati, karena sesungguhnya dia sekarang sedang ditanya” (HR. Abu Dawud, Shahih)

Yang akan menjawab pertanyaan dengan baik adalah orang yang Allah tetapkan hatinya. Yang dia dahulu di dunia mengenal Allah, mengenal Rasulnya, dan mengenal agama Islam.

Kewajiban seorang muslim adalah bersungguh-sungguh mempersiapkan jawaban yang benar untuk menghadapi ujian yang soal-soalnya sudah dibocorkan ini. Dan penjelasan tentang mengenal Allah, Rasulullah dan agama Islam telah kita sebutkan di dalam silsilah ilmiyah nomor 2,3, dan juga 4.

Ada beberapa orang yang mereka kelak tidak akan menghadapi fitnah kubur. Diantaranya adalah para syuhada, yaitu orang-orang yang meninggal di dalam peperangan dijalan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.

Seorang laki-laki pernah bertanya kepada Rasulullah ﷺ.

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا بَالُ الْمُؤْمِنِينَ يُفْتَنُونَ فِي قُبُورِهِمْ إِلاَّ الشَّهِيدَ

“Ya Rasulullah, mengapa orang-orang yang beriman diuji didalam kuburan mereka kecuali orang yang syahid, maka Rasulullah menjawab:

كَفَى بِبَارِقَةِ السُّيُوْفِ عَلَى رَأْسِهِ فِتْنُةً

“Cukuplah kilatan pedang diatas kepalanya sebagai ujian” (HR. An-Nasai, Shahih)

Diantara mereka adalah orang yang meninggal pada hari jumat atau malam jumat.

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلَّا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ

“Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari jumat atau malam jumat, kecuali Allah akan menjaganya dari fitnah kubur” (HR. Tirmidzi, Hasan)

Kita memohon kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى, semoga Allah menetapkan hati kita dan orang-orang yang kita cintai didalam menghadapi fitnah kubur ini.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan