Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Keadaan Orang-orang Kafir di Dalam Neraka

Halaqah 56 – Beriman Kepada Hari Akhir
Keadaan Orang-orang Kafir di Dalam Neraka

Pertama, mereka akan digiring dengan kasar.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

يَوْمَ يُدَعُّونَ إِلَى نَارِ جَهَنَّمَ دَعًّا
هَذِهِ النَّارُ الَّتِي كُنتُم بِهَا تُكَذِّبُونَ

“Pada hari mereka akan didorong ke neraka jahannam dengan keras. Dikatakan kepada mereka, Inilah neraka yang dahulu kalian dustakan” (ath-Thuur: 13-14)

Yang kedua,
mereka akan digiring secara berkelompok dan akan disambut oleh para malaikat penjaga neraka di ambang pintu neraka dengan penuh penghinaan. Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman yang artinya:
“Orang-orang kafir akan digiring ke neraka jahannam secara berkelompok-kelompok, sehingga apabila mereka telah sampai ke ambang neraka dibukalah pintu-pintunya. Dan berkatalah para penjaga neraka pada mereka,
“Bukankah telah datang kepada kalian, Rasul-rasul yang berasal dari kalian yang membacakan kepada kalian ayat-ayat Rabb kalian, dan mengingatkan kalian pertemuan dengan hari ini?”. Mereka menjawab, “Benar telah datang. Namun telah tetap adzab bagi orang-orang kafir.”
Dikatakan kepada mereka, “Masuklah kalian melalui pintu-pintu neraka jahannam tersebut, sedangkan kalian kekal di dalamnya. Maka neraka jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri” (az-Zumar: 71-72)

Yang ketiga, mereka akan dikumpulkan dalam keadaan berjalan di atas wajah-wajah mereka.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

الَّذِينَ يُحْشَرُونَ عَلَى وُجُوهِهِمْ إِلَى جَهَنَّمَ أُولَئِكَ شَرٌّ مَّكَانًا وَأَضَلُّ سَبِيلًا

“Orang-orang yang dikumpulkan ke neraka jahanam dengan berjalan di atas wajah-wajah mereka, mereka itulah orang-orang yang paling jelek kedudukan mereka dan paling sesat jalan mereka.” (al-Furqan: 34)

Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah ﷺ
Wahai Nabi Allah, bagaimana orang kafir dikumpulkan di atas wajahnya pada hari kiamat? Beliau ﷺ menjawab, Bukankah yang telah menjadikan dia berjalan di atas kedua kakinya di dunia mampu untuk menjadikan dia berjalan di atas wajahnya pada hari kiamat? (HR. Bukhari dan Muslim)

Keempat, mereka akan dikumpulkan dalam keadaan buta, bisu dan tuli.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَنَحْشُرُهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى وُجُوهِهِمْ عُمْيًا وَبُكْمًا وَصُمًّا

“Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat di atas wajah-wajah mereka dalam keadaan buta, bisu dan tuli” (al-Isra: 97)

Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwasanya mereka buta, bisu dan tuli tidak dalam semua keadaan.

Kelima,
mereka akan dikumpulkan bersama teman-teman mereka dan sesembahan-sesembahan mereka. Dan akan saling menyalahkan di antara mereka, sebelum akhirnya mereka masuk ke dalam neraka. Lihat Surat Ash-Shaaffat: 22-32.

Keenam, sebelum mereka sampai ke neraka, mereka akan mendengar suara neraka.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

إِذَا رَأَتْهُم مِّن مَّكَانٍ بَعِيدٍ سَمِعُوا لَهَا تَغَيُّظًا وَزَفِيرًا

“Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar suara neraka yang bergemuruh karena marah” (al-Furqan: 12)

Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menjauhkan kita dan keluarga kita dari neraka jahanam dan memasukkan kita ke dalam surgaNya.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan