Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Keadilan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى Ketika Hisab bagian 1

Halaqah 39 – Beriman Kepada Hari Akhir
Keadilan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى Ketika Hisab bagian 1

Yang dimaksud dengan hisab adalah perhitungan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى terhadap amalan para hamba di dunia. Hisab Allah adalah hisab yang sangat sempurna keadilannya. Tidak ada kedzaliman sedikitpun.

Allah berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لا يَظلِمُ مِثقالَ ذَرَّةٍ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mendzalimi meskipun sebesar dzarrah sekalipun” (An-Nisa: 40)

Dan yang dimaksud dengan dzarrah adalah bagian yang paling kecil dari sebuah benda, atau yang dinamakan dengan atom.

Bahkan rahmat dan kelebihan karunia serta anugrah yang Allah berikan kepada para hamba adalah sangat banyak. Seandainya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى mengadzab semua makhluk, maka bukanlah hal itu sebuah kedzaliman. Dan seandainya Allah merahmati, niscaya rahmat Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى lebih baik daripada amalan mereka. (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Yang demikian, karena Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى adalah pencipta mereka. Raja yang memiliki kerajaan. Semua makhluk adalah miliknya dan dalam kerajaannya. Dan dia melakukan apa saja yang dia kehendaki di dalam kerajaannya.

Diantara yang menunjukkan keadilan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى:

1. Bahwasanya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى telah memfitrahkan di dalam hati semua manusia, bahwa Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى adalah Rabb mereka. Dan mereka mengakui, bahkan sebelum mereka dilahirkan. (lihat al-A’raf: 172)

2. Bahwasanya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى telah mengutus para Rasul, para utusan kepada manusia. Yang telah mengingatkan mereka dengan fitrah ini. Dan mengajak mereka untuk beriman dengan hari akhir.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

رُسُلًا مُبَشِّرينَ وَمُنذِرينَ لِئَلّا يَكونَ لِلنّاسِ عَلَى اللَّهِ حُجَّةٌ بَعدَ الرُّسُلِ وَكانَ اللَّهُ عَزيزًا حَكيمًا

“Para Rasul yang datang untuk memberikan kabar gembira dan memberikan peringatan supaya tidak ada hujjah bagi manusia atas Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى setelah kedatangan para Rasul. Dan sesungguhnya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى adalah dzat yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana” (An-Nisa: 165)

3. Bahwasanya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى telah menugaskan para malaikat untuk mencatat semua amalan manusia.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَإِنَّ عَلَيكُم لَحافِظينَ
كِرامًا كاتِبينَ
يَعلَمونَ ما تَفعَلونَ

“Dan sesungguhnya pada diri kalian ada malaikat-malaikat yang menjaga atau mengawasi. Yang mereka mulia dan menulis. Mengetahui apa yang kalian kerjakan” (al-Infithar: 10-12)

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan