Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kejadian-kejadian yang Dahsyat di Hari Kiamat

Halaqah 29 – Beriman Kepada Hari Akhir
Kejadian-kejadian yang Dahsyat di Hari Kiamat

Pada hari kiamat, setelah bangkitnya manusia dari kubur, akan terjadi kejadian-kejadian dahsyat di alam semesta yang kita lihat. Baik alam atas maupun alam bawah. Tidak ada yang mengetahui hakikat kedahsyatannya kecuali Allah.

Gunung yang sedemikian besar dan kokoh menancap di bumi, akan dijalankan oleh Allah, sehingga menjadi fatamorgana. Dan dihancurkan menjadi berkeping-keping seperti tumpukan pasir yang berterbangan, atau seperti bulu yang dihamburkan. (Lihat al-Waqi’ah: 5-6, al-Muzammil: 14, an-Naba: 20, at-Takwir: 3 dan al-Qori’ah: 5)

Bumi yang sebelumnya tenang akan digoncangkan dengan segoncang-goncangya, dan dibentangkan, kemudian diganti sifatnya sehingga menjadi jelas rata tanpa gunung, tanpa lembah, tanpa pohon. (Lihat Thoha: 105-107, al-Waqi’ah: 4, at-Takwir: 3, dan az-Zalzalah: 1)

Laut-laut akan meluap sehingga menjadi lautan yang satu, dan akan menjadi lautan api. (Lihat al-Infithar: 3, dan at-Takwir: 6)

Langit yang 7 yang sangat tinggi dan sangat besar, yang Allah tinggikan tanpa tiang, pada hari itu akan menjadi sangat lemah. Akan bergetar dan pecah. Dan akan berubah warnanya menjadi warna merah seperti mawar. (Lihat al-Haaqqah: 16, al-Infithar: 1, al-Insyiqaq: 1, ar-Rahman: 37, ath-Thur: 9, at-Takwir: 11, al-Furqon: 25)

Matahari akan digulung dan lenyap cahayanya. (Takwir: 1)

Bulan akan hilang cahayanya, dan akan dikumpulkan dengan matahari. (al-Qiyamah: 8-9)

Rasulullah ﷺ bersabda:

الشَّمْسُ وَالقَمَرُ مُكَوَّرَانِ يَوْمَ القِيَامَ

“Matahari dan bulan akan digulung pada hari kiamat” (HR. Bukhari)

Bintang yang sedemikian banyaknya akan berjatuhan, dan lenyap cahayanya. (Lihat al-Infithar: 2, dan at-Takwir: 2)

Ada sebagian ulama kita yang mengatakan bahwasanya semua ini terjadi diantara 2 tiupan. Allahu a’lam (Allah yang lebih mengetahui) mana yang benar.

Dan yang penting bagi kita semua, bawasanya kita diperintahkan untuk takut, dan supaya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi hari tersebut.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan