Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kematian

Halaqah 7 – Beriman Kepada Hari Akhir
Kematian

Kematian adalah keluarnya nyawa seseorang dari jasadnya. Kematian adalah ciptaan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى untuk menguji siapa diantara kita yang paling baik amalannya. Dia adalah sunnatullah bagi setiap jiwa, bagaimanapun dia berusaha untuk lari dari kematian tersebut.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ

“Setiap jiwa akan merasakan kematian” (Ali ‘Imran: 185)

Seseorang tidak mengetahui kapan dan dimana dia akan meninggal. Dan apabila datang, maka kematian tersebut tidak bisa diundurkan.

Sering mengingat mati adalah perkara yang diperintahkan oleh Nabi. Diharapkan dengan mengingat mati, seseorang lebih khusyu’ didalam beribadah, bersegera bertaubat, dan tidak lalai dengan kenikmatan dunia yang fana ini.

Rasulullah ﷺ bersabda:

أَكْثِرُوا ذِكْرَ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ

“Hendaklah kalian memperbanyak mengingat sesuatu yang memutus semua kelezatan” (HR. Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah. Berkata Syaikh Albani, hasan shahih)

Harapan setiap muslim adalah meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Yaitu meninggal dalam keadaan taat kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى. Caranya adalah dengan berdoa, dan menjaga ketaatan kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى selama hidupnya.

Didalam sebuah hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah mengabarkan bahwasanya Allah apabila menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, maka akan diberikan taufiq untuk beramal shalih sebelum dia meninggal dunia.

Dan diantara amal shalih tesebut adalah mengucapkan لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلاَمِهِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Barangsiapa ucapan terakhirnya adalah لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ, maka dia akan masuk kedalam surga” (HR. Abu Dawud, Shahih)

Kecanduan melakukan dosa, baik terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi tanpa diiringi dengan taubat, dikhawatirkan akan menjadi sebab su’ul khatimah.

Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى membersihkan hati kita dari ketergantungan dengan dosa.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan