Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Masuknya Orang-orang yang Beriman ke Dalam Surga – Bagian 1

Halaqah 68 – Beriman Kepada Hari Akhir
Masuknya Orang-orang yang Beriman ke Dalam Surga – Bagian 1

Setelah dibersihkan hatinya, maka orang-orang yang beriman akan digiring menuju surga dengan terhormat dan dimuliakan.

Allah akan kembali memuliakan Nabi-Nya di hadapan orang-orang yang beriman. Beliau ﷺ akan di izinkan untuk memberi syafa’at bagi calon penduduk surga, supaya dibukakan pintu surga. Syafa’at ini juga termasuk syafa’at khusus bagi Beliau ﷺ. Beliaulah ﷺ yang pertama kali akan mengetuk pintu surga.

Beliau ﷺ bersabda:

وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ

“Dan akulah yang pertama kali akan mengetuk pintu surga” (HR. Muslim)

Beliau ﷺ juga bersabda:

آتِي بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَسْتفْتِحُ، فَيَقُولُ الْخَازِنُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَأَقُولُ: مُحَمَّدٌ، فَيَقُولُ: بِكَ أُمِرْتُ لَا أَفْتَحُ لِأَحَدٍ قَبْلَكَ

“Aku akan mendatangi pintu surga pada hari kiamat. Kemudian aku minta untuk dibuka. Berkatalah penjaga surga, Siapa kamu? Aku menjawab, Muhammad. Berkatalah penjaga surga, denganmulah aku diperintah aku tidak membuka untuk seorang pun sebelummu” (HR. Muslim)

Dibukalah pintu-pintu surga dan masuklah penduduk surga dengan disambut oleh para malaikat.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman yang artinya:
“Dan orang-orang yang bertakwa kepada Rabb mereka akan digiring ke surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke surga, dan pintu-pintunya telah dibuka, dan berkatalah penjaga-penjaga surga kepada mereka, Salam atas kalian. Kalian telah baik, maka masuklah kalian ke dalam surga, sedang kalian kekal di dalamnya.”

“Dan mereka mengucapkan, Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janjinya untuk kami dan telah memberi kami tempat ini. Kami diperkenankan menempati tempat di dalam surga dimana saja kami kehendaki. Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal” (az-Zumar: 73-74)

Umat Nabi Muhammad ﷺ merekalah yang pertama kali akan masuk surga sebelum umat yang lain.

Beliau ﷺ bersabda:

نَحْنُ الْآخِرُونَ الْأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَنَحْنُ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ

“Kita adalah umat terakhir tapi akan menjadi yang pertama di hari kiamat. Dan kita yang pertama kali akan masuk surga” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rombongan pertama dari umat Nabi Muhammad ﷺ yang akan masuk surga, wajah-wajah mereka terang seperti bulan di malam bulan purnama. (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah رضي الله عنه)

Di dalam hadits Sahl Ibnu Sa’ad رضي الله عنه yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah ﷺ bersabda:
“Akan masuk surga dari umatku 70.000 atau 700.000 (keraguan dari perawi hadits). Mereka saling bergandengan tangan di antara mereka sehingga masuklah awal mereka dan akhir mereka ke dalam surga. Wajah-wajah mereka seperti cahaya bulan di malam bulan purnama. Ada yang mengatakan merekalah orang-orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab”

Dan sabda beliau ﷺ:
“Sehingga masuklah awal mereka dan akhir mereka ke dalam surga”

maksudnya mereka akan masuk ke dalam surga dalam keadaan satu shof secara serentak. Dan ini menunjukkan sangat besarnya pintu surga.

Rasulullah ﷺ mengabarkan bahwasanya orang-orang fakir muhajirin akan lebih dahulu masuk ke dalam surga 40 tahun sebelum orang-orang kaya muhajirin. (HR. Muslim)

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan