Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Memperbanyak al-Hasanah (kebaikan) dan Menghilangkan as-Sayyiah (dosa) bagian 3

Halaqah 43 – Beriman Kepada Hari Akhir
Memperbanyak al-Hasanah (kebaikan) dan Menghilangkan as-Sayyiah (dosa) bagian 3

Diantara cara untuk memperbanyak al-Hasanah dan mengurangi as-Sayyiah:

8. Besabar atas musibah dan ujian
Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا يَزَالُ الْبَلَاءُ بِالْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنَةِ فِيْ نَفْسِهِ وَوَلَدِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَى اللهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيْئَةٌ

“Senantiasa ujian menimpa seorang mu’min dan mu’minah di dalam dirinya, anaknya, dan juga hartanya, sampai dia bertemu Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى dan dia tidak memiliki dosa” (HR. Tirmidzi, Shahih)

Di dalam hadits yang lain, beliau ﷺ mengatakan yang artinya:
“Ketika orang-orang yang terkena musibah di dunia mendapatkan pahala pada hari kiamat. Maka ahlul ‘afiyah, yaitu orang-orang yang tidak banyak terkena musibah, akan berkeinginan seandainya kulit-kulit mereka digunting di dunia” (HR. Tirmidzi, Hasan)

Yang demikian karena mereka melihat besarnya pahala orang-orang yang bersabar.

Sebagaimana firman Allah:

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَاب

“Sesungguhnya akan disempurnakan pahala orang-orang yang bersabar tanpa batas” (az-Zumar: 10)

9. Beramal shalih secara umum berdasarkan dalil-dalil yang shahih
Seperti membaca al-Qur’an, berpuasa, dan lain-lain.

Rasulullah ﷺ bersabda yang artinya:
“Barangsiapa yang membaca 1 huruf dari kitabullah (al-Qur’an), maka setiap huruf dia akan mendapatkan 1 hasanah. Dan 1 hasanah akan dilipatgandakan menjadi 10 hasanah” (HR. Tirmidzi, Shahih)

Di dalam sebuah hadits, disebutkan bahwasanya setiap amalan anak Adam 1 hasanah akan dilipatgandakan menjadi 10 hasanah sampai 700, kecuali puasa. Karena sesungguhnya puasa adalah untuk Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى, dan Dialah yang akan membalasnya” (HR. Bukhari dan Muslim, Shahih)

Mintalah senanitasa kepada Allah pertolongan di dalam beramal. Beramallah sebaik mungkin, dan mohonlah kepada Allah supaya diterima.

Dan ketahuilah bahwasanya amal kita hanyalah sebab dan bukan pengganti kenikmatan surga dan keselamatan dari neraka.

Seandainya seseorang beramal semaksimal mungkin sebaik-baiknya selama hidupnya, niscaya tidak cukup untuk membalas kenikmatan Allah di dunia. Maka bagaimana dengan kenikmatan akhirat. Rahmat atau kasih sayang dan anugrah Allah lah yang lebih kita harapkan.

Rasulullah ﷺ bersabda yang artinya:
“Amalan seseorang tidaklah memasukkan dia ke dalam surga. Para sahabat berkata, tidak juga engkau yang Rasulullah. Beliau ﷺ menjawab, tidak juga saya, kecuali Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melimpahkan kepadaku anugrah dan rahmat-Nya” (HR. Bukhari dan Muslim, Shahih)

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan