Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mengapa Kita Wajib Belajar Tauhid – Bagian 1

Halaqah 1 – Belajar Tauhid

Mengapa Kita Wajib Belajar Tauhid – Bagian 1

 

Belajar tauhid merupakan kewajiban setiap muslim, baik laki-laki maupun wanita. Karena Allah  سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menciptakan manusia dan jin adalah hanya untuk bertauhid, yaitu mengesakan ibadah kepada Allah.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepadaku” (adz-Dzariyat: 56)

 

Oleh karena itu, Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى mengutus para Rasul kepada setiap umat, tujuannya adalah untuk mengajak mereka kepada tauhid.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

“Dan sungguh-sungguh telah kami utus kepada setiap umat seorang Rasul yang berkata kepada kaumnya, sembahlah Allah dan jauhilah thaghut” (an-Nahl: 36)

 

Makna ath-thaghut adalah segala sesembahan selain Allah. Oleh karena itu, seorang muslim yang tidak memahami tauhid yang merupakan inti ajaran Islam, maka sebenarnya dia tidak memahami agamanya, meskipun telah mengaku mempelajari ilmu-ilmu yang banyak.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan