Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mengenal Allah dengan Makhluknya

Halaqah 9

Mengenal Allah dengan Makhluknya

 

Allah telah menciptakan makhluk-makhluk supaya manusia berakal memikirkannya, sehingga mereka mengenal dzat yang telah menciptakan mereka.

 

Besarnya makhluk, serta luasnya seperti langit yang 7, bumi, kursi Allah dan ‘Arsy nya, menunjukkan kebesaran Allah. Keteraturan gerakan dan perjalanan, seperti perjalanan matahari dan bulan, menunjukkan kekuasaan dan pengawasan Allah yang tidak berhenti.

 

Kejelian didalam penciptaan menunjukkan hikmahnya dan keluasan ilmunya. Manfaat yang ada dalam ciptaannya, menunjukkan rahmat pencipta yang luas dan menunjukkan karunia Allah yang meliputi segala sesuatu.

 

Allah berfirman:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Sesungguhnya didalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian siang dan malam, ada tanda-tanda bagi orang yang memiliki akal. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah baik dalam keadaan berdiri, duduk, dan berbaring. Dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi. Wahai Rabb kami, tidaklah engkau menciptakan ini semua dengan bathil atau sia-sia. Maha Suci engkau, maka jagalah kami dari adzab neraka” (Ali ‘Imran: 190-191)

 

Hendaknya seorang muslim meluangkan waktunya untuk memikirkan makhluk-makhluk Allah supaya dia semakin mengenal Allah penciptanya. Semakin yakin dan mantap dalam menjalankan syariat Islam. Merasa takut dengan adzab Allah. Semakin dekat dengannya dan semakin mengesakan Dia didalam beribadah.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan