Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mengenal Allah sebagai Pengatur Alam Semesta

Halaqah 4

Mengenal Allah sebagai Pengatur Alam Semesta

 

Dialah Allah yang mengatur alam semesta ini. Mematikan makhluk dan menghidupkan, memuliakan makhluk dan menghinakan, mengganti siang menjadi malam, dan malam menjadi siang, menerbitkan matahari dan menenggelamkan.

 

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

يُدَبِّرُ الْأَمْرَ

“Dialah Allah yang mengatur seluruh perkara” (as-Sajdah: 5)

 

Tidak ada yang mengatur selain Allah. Dialah Allah yang menerbitkan matahari dari timur. Maka siapa selain Allah yang bisa menerbitkan matahari dari barat.

 

Nabi Ibrahim عليه السلام berkata kepada salah seorang yang mengaku sebagai tuhan selain Allah. “Sesungguhnya Allah telah menerbitkan matahari dari timur, maka silahkan engkau, kalau memang engkau tuhan, terbitkan matahari dari barat.” Maka orang kafir tersebut tidak bisa berbuat apa-apa. Lihat surat al-Baqarah ayat 258.

 

Allah menjadikan siang, maka siapa yang bisa mengganti siang menjadi malam selain Allah. Tidak ada yang mengatur alam semesta kecuali Allah, dan tidak ada sesembahan selain Allah yang membantu Allah untuk mengatur alam semesta ini.

 

Oleh karena itu seorang muslim tidak boleh meyakini bahwasanya ada selain Allah yang mencipta, memberikan rezeki dan juga mengatur alam semesta siapapun dia dan bagaimanapun kedudukannya disisi Allah.

 

Barangsiapa yang berkeyakinan bahwasanya ada selain Allah yang mencipta, memberikan rezeki dan juga mengatur alam semesta, maka dia telah menyekutukan Allah.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan