Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mengenal Beliau Sebagai Seorang Rasul, yang Diantara Tugasnya adalah Membawa Berita dari Allah

Halaqah 4

Mengenal Beliau Sebagai Seorang Rasul, yang Diantara Tugasnya adalah Membawa Berita dari Allah

 

Rasulullah sebagai seorang utusan diantara tugasnya adalah membawa berita-berita dari Allah. Baik berita dimasa lalu, seperti kisah-kisah para nabi dan umat-umat terdahulu, maupun berita dimasa yang akan datang, seperti kejadian setelah mati dan kejadian-kejadian dihari akhir.

 

Kewajiban kita sebagai seorang yang beriman adalah membenarkan berita-berita tersebut bila memang dalilnya shahih.

 

Allah berfirman:

وَمَا يَنطِقُ عَنِ الْهَوَى

إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى

“Dan tidaklah beliau berbicara dari hawa nafsunya, tidaklah ucapan beliau kecuali wahyu yang diwahyukan kepada beliau” (An-Najm: 3-4)

 

Kalau kita benarkan beliau, maka sebenarnya kita telah membenarkan Allah. Dan kalau kita dustakan beliau, maka sebenarnya kita telah mendustakan Allah.

 

Akal yang sehat tidak akan bertentangan dengan dalil yang shahih.

 

Apabila dalil yang shahih sepertinya tidak masuk akal, maka ketahuilah bahwasanya kekurangan ada didalam akal kita yang memang sangat terbatas, bukan pada dalil.

 

Rasulullah dikenal oleh kaumnya sebagai orang yang jujur, semenjak sebelum beliau diutus menjadi nabi. Tidak pernah beliau sekalipun berdusta baik kepada anak kecil, sebaya, maupun kepada orang tua. Baik ketika bercanda maupun dalam keadaan sungguh-sungguh.

 

Apabila beliau tidak berani untuk berdusta atas nama beliau dan juga atas nama manusia, maka bagaimana beliau berani berdusta atas nama Allah Rabbul ‘Alamin.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan