Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mengenal Beliau Sebagai Seorang Rasul, yang Diantara Tugasnya adalah Membawa Larangan-larangan dari Allah

Halaqah 3

Mengenal Beliau Sebagai Seorang Rasul, yang Diantara Tugasnya adalah Membawa Larangan-larangan dari Allah

 

Rasulullah ﷺ sebagai seorang utusan membawa larangan-larangan dari Allah. Beliau sampaikan larangan-larangan tersebut kepada kita semua supaya kita menjauhi.

 

Beliau ﷺ bersabda:

مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوْهُ

“Apa yang aku larang, maka hendaklah kalian menjauhi” (HR. Muslim)

 

Dan larangan Allah ada 2 macam:

  1. Haram
  2. Makruh (yaitu dibenci)

 

Larangan yang haram, apabila dikerjakan maka berdosa. Seperti berzina, membunuh tanpa haq, riba, berdusta, ghibah (membicarakan orang lain), sihir, perdukunan, minum-minuman keras, dan lain-lain.

 

Adapun larangan yang makruh, maka apabila dikerjakan perbuatan tersebut dibenci, akan tetapi tidak sampai kepada dosa. Seperti misalnya memakan bawang merah dan bawang putih dalam keadaan masih mentah, makan minum dengan bersandar, tidur sebelum sholat isya, dan lain-lain.

 

Kita sebagai seorang muslim dan juga muslimah, hendaklah meninggalkan larangan-larangan tersebut. Dan yakin bahwasanya Allah tidaklah melarang sesuatu kecuali disana ada hikmahnya, dan ada kebaikan bagi diri kita.

 

Terkadang kita mengetahui hikmah tersebut, dan terkadang kita tidak mengetahuinya.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan