Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mengenal Beliau sebagai Utusan yang Membawa Tata Cara Beribadah dari Allah

Halaqah 5

Mengenal Beliau sebagai Utusan yang Membawa Tata Cara Beribadah dari Allah

 

Allah ketika mengutus seorang Rasul untuk menyampaikan perintah beribadah, juga mengutus Rasul tersebut untuk menyampaikan tata cara ibadah tersebut. Rasulullah membawa perintah sholat dari Allah dan juga membawa tata caranya. Membawa perintah puasa dari Allah dan juga membawa tata caranya.

 

Cara ibadah tidak diserahkan kepada akal kita masing-masing, atau kepada budaya, atau kepada guru kita. Akan tetapi tata cara ibadah adalah dari Allah melalui lisan Rasulnya.

 

Dan Allah tidak menerima amal ibadah, kecuali yang dilakukan sesuai dengan cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah.

 

Beliau ﷺ bersabda:

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa yang mengamalkan sebuah amalan yang tidak ada dalilnya dari kami, maka amalan tersebut tertolak” (Hadits Shahih, Riwayat Muslim)

 

Barangsiapa yang mengaku sebagai pengikut Nabi Muhammad, maka hendaklah ia mencukupkan diri dengan ibadah yang sudah beliau ajarkan. Tidak boleh ia membuat ibadah yang baru yang tidak diajarkan oleh Rasulullah. Dan tidak boleh dia beribadah kecuali setelah yakin bahwa dalilnya shahih.

 

Alhamdulillah, semua ibadah yang mendekatkan diri kita kepada surga telah Rasulullah ajarkan.

 

Beliau ﷺ pernah mengatakan:

مَا بَقِيَ شَيْءٌ يُقَرِّبُ مِنَ الْجَنَّةِ وَيُبَاعِدُ مِنَ النَّارِ إِلاَّ وَ قَدْ بُيِّنَ لَكُمْ

“Tidaklah tersisa sesuatupun yang mendekatkan diri kepada surga, dan menjauhkan dari neraka, kecuali sudah diterangkan kepada kalian” (Hadits Shahih, Riwayat Thabrani dalam Mu’jamul Kabir)

 

Lebih baik seseorang beribadah sedikit tetapi berdasarkan dalil yang shahih, daripada dia beribadah yang banyak akan tetapi tidak berdasarkan dalil yang shahih.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan