Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mizan (Timbangan) dan Penimbangan Amal bagian 1

Halaqah 50 – Beriman Kepada Hari Akhir
Mizan (Timbangan) dan Penimbangan Amal bagian 1

Diantara beriman kepada hari akhir, adalah beriman dengan adanya mizan dan penimbangan amal.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا

“Dan kami akan meletakkan timbangan-timbangan yang adil pada hari kiamat. Maka tidak ada seorangpun yang akan didzalimi sedikitpun” (al-Anbiya: 47)

Sebagian ulama berpendapat bahwasanya penimbangan amal dilakukan setelah hisab. Karena hisab adalah untuk menghitung amalan. Sedangkan penimbangan adalah untuk menampakkan hasil dari perhitungan tersebut dan menunjukkan keadilan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.

Akan ditimbang hasanah dan sayyiah dengan timbangan yang hakiki. Memiliki 2 qiffah yaitu piringan timbangan. Memiliki sifat berat dan ringan dan bisa miring karena amalan. Allahu a’lam tentang hakikatnya dan bagaimananya.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

فَمَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنفُسَهُمْ فِي جَهَنَّمَ خَالِدُونَ

“Dan barangsiapa yang berat timbangannya, maka merekalah orang-orang yang beruntung. Dan barangsiapa yang ringan timbanganya maka merekalah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri. Di dalam jahannam mereka akan kekal” (al-Mu’minun: 102-103)

Di dalam hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah disebutkan bahwasanya, catatan dosa-dosa akan ditaruh di qiffah, dan bithoqoh atau kartu yang bertuliskan لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ akan ditaruh di qiffah yang lain.

Rasulullah ﷺ bersabda:

يُوْضَعُ الْمِيْزَانُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، فَلَوْ وُزِنَ فِيْهِ السَّمَوَاتُ وَالأَرْضُ لَوَسِعَتْ، فَتَقُوْلُ الْمَلاَئِكَةُ: يَا رَبِّ! لِمَنْ يَزِنُ هَذَا؟ فَيَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى: لِمَنْ شِئْتُ مِنْ خَلْقِيْ

“Akan diletakkan mizan pada hari kiamat. Seandainya langit dan bumi ditimbang di dalamnnya, niscaya akan cukup. Bertanyalah para malaikat, Wahai Rabb untuk siapakah timbangan ini. Maka Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman, untuk orang yang aku kehendaki dari para makhlukku” (HR. Al-Hakim dalam al-Mustadroq, Shahih)

Para ulama berbeda pendapat tentang berapakah jumlah mizan di hari kiamat. Apakah 1 timbangan atau banyak. Karena masing-masing manusia memiliki timbangan atau masing-masing amalan ada timbangan khusus. Allahu a’lam.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan