Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Muqaddimah Iman Dengan Malaikat

Halaqah 1 – Beriman Dengan Malaikat

Muqaddimah Iman Dengan Malaikat

 

Diantara pokok-pokok keimanan yang harus di imani oleh seorang hamba adalah beriman dengan malaikat-malaikat Allah. Al-Qur’an, As-sunnah dan ijma’ kaum muslimin menunjukkan tentang wajibnya beriman dengan mereka, dan kekufuran dengan malaikat adalah kekufuran dengan Allah عَزَّ وَ جَلَّى.

Semakin seseorang mengetahui tentang malaikat Allah secara terperinci maka akan semakin bertambah keimanannya dan akan semakin banyak manfaatnya.

المَلَـٰٓٮِٕكَتِه adalah jama’ dari ملك yang artinya adalah utusan. Mereka adalah makhluk mulia dan dimuliakan. Allah telah memilih mereka menjadi utusan Allah kepada makhluknya.

Allah berfirman:

قَالَ فَمَا خَطْبُكُمْ أَيُّهَا الْمُرْسَلُونَ

Ibrahim berkata (kepada malaikat): “Kemudian apa yang menjadi maksud kalian wahai para utusan?(adz-Dzariyat: 31)

 

Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya. Tidak mengetahui jumlahnya kecuali Allah. Allah telah memilih mereka untuk beribadah kepada Allah. Beriman dengan malaikat adalah termasuk rukun iman, yang tidak sah iman seseorang sampai beriman dengan malaikat-malaikat Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.

 

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ

Rasul telah beriman dengan apa yang diturunkan (Al-Qur’an) kepadanya dari Rabb-Nya, dan juga orang-orang yang beriman. Masing-masing dari mereka beriman kepada Allah, dan malaikat-malaikat-Nya, dan kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. Kami tidak membeda-bedakan di antara rasul-rasul-Nya (al-Baqarah: 285)

 

Dan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَمَن يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Dan barang siapa yang kufur kepada Allah dan malaikat-malaikat-Nya, dan kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya dan juga hari akhir, maka sungguh dia telah sesat dengan sesat yang jauh (an-Nisa: 136)

 

Didalam hadits Jibril yang masyhur, Rasulullah ﷺ bersabda ketika ditanya tentang apa itu iman:

أَنْ تُؤْمِنَ بِاَللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ، وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّ

Engkau beriman dengan Allah, dan malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari Akhir, dan engkau dengan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk (HR.Muslim)

 

Dan diantara cara beriman dengan malaikat-malaikat Allah adalah:

  1. Beriman dengan keberadaannya
  2. Beriman dengan nama-namanya
  3. Beriman dengan sifat-sifatnya
  4. Beriman dengan amalan-amalan mereka

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan