Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Pengagungan Terhadap Ilmu – Bagian 2

Halaqah 2

Pengagungan Terhadap Ilmu – Bagian 2

 

Diantara bentuk pengagungan terhadap ilmu yang disebutkan oleh guru kami yang mulia, Syaikh Dr.Sholih bin Abdillah al-‘Ushoimi حفظه الله:

5. Menempuh jalan yang benar di dalam menuntut ilmu agama

Orang yang salah cara di dalam menuntut ilmu, maka dia tidak akan mendapatkan keinginannya, atau mendapatkan sedikit disertai rasa lelah yang sangat.

Dan cara yang benar di dalam mempelajari satu cabang ilmu:

  1. Dengan menghapal sebuah matan kitab yang menyeluruh. Dan dia mengumpulkan perkara-perkara yang rajih/dikuatkan menurut para ulama di bidang tersebut.
  2. Mempelajari ilmu tersebut dari seorang yang ahli, yang bisa dijadikan teladan dan dia mampu mengajar.

 

6. Mendahulukan ilmu yang paling penting, kemudian yang setelahnya dan setelahnya

Dan ilmu yang paling penting adalah ilmu yang berkaitan dengan ibadah seseorang kepada Allah. Dan ilmu yang paling penting adalah yang berkaitan dengan ‘ubuddiyah seseorang kepada Allah عزا وجل. Seperti ilmu aqidah, tata cara wudhu, tata cara sholat dan lain-lain.

 

7. Bersegera untuk mendapatkan ilmu dan memanfaatkan waktu muda, karena waktu muda adalah waktu yang emas untuk mempelajari ilmu agama

Berkata al-Hasan al-Bashri رحمه الله:

العِلْمُ فِي الصِّغَرِ كَا النَّقْشِ فِي الْحَجَرِ

“Menuntut ilmu di waktu kecil seperti mengukir di batu”

Adapun apabila sudah tua, maka kebanyakan manusia akan memiliki banyak kesibukan, pikiran dan memiliki banyak koneksi. Kalau dia bisa mengatasi itu semua, maka InsyaAllah dia mendapatkan ilmu.

Para Sahabat Nabi ﷺ dahulu mempelajari agama dan mereka sudah berumur.

 

8. Pelan-pelan di dalam menuntut ilmu

Karena menuntut ilmu tidak bisa dilakukan serta-merta sekali jalan. Tetapi diambil ilmu secara pelan-pelan dengan memulai kitab-kitab yang ringkas, menghapal dan memahami maknanya. Dan jangan kita memulai menuntut ilmu dengan membaca kitab-kitab yang panjang.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan