Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Pengertian Islam Secara Bahasa dan juga Syariat

Halaqah 1

Pengertian Islam Secara Bahasa dan juga Syariat

 

Islam secara bahasa adalah penyerahan diri.

 

Sedangkan secara istilah syariat, maka yang dimaksud dengan Islam adalah penyerahan ibadah hanya kepada Allah semata.

 

Orang nasrani dikatakan masuk ke dalam agama Islam, apabila meninggalkan penyembahan terhadap Nabi Isa dan juga ibunya (Maryam). Dan hanya menyembah dan menyerahkan dirinya kepada Allah.

 

Seorang yang beragama Islam adalah orang yang menyerahkan ibadahnya kepada Allah semata. Tidak menyerahkan sebagian ibadah kepada siapapun selain Allah, baik seorang nabi, seorang malaikat, jin, orang yang sholeh, kepada batu, pohon, dan lain-lain.

 

Oleh karena itu, syarat masuk kedalam agama Islam adalah syahadat Laa ilaha illallah dan juga syahadat Muhammad Rasulullah.

 

Syahadat Laa ilaha illallah artinya adalah persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dan diibadahi kecuali Allah.

 

Orang yang sudah mengucapkan Laa ilaha illallah, kemudian menyerahkan sebagian ibadah kepada selain Allah, maka berarti dia belum memahami makna Islam. Atau memahami, akan tetapi melanggarnya. Dan keduanya adalah musibah.

 

Semoga Allah memudahkan kita semua dan orang-orang yang kita cintai untuk memahami agama Islam ini.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan