Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Ridha dengan Hukum Allah

Halaqah 25 – Belajar Tauhid

Ridha dengan Hukum Allah

 

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى sebagai pencipta manusia sangat menyayangi ciptaannya. Dialah ar-Rahman ar-Rohim. Diantara bentuk kasih sayang Allah adalah menurunkan syariat supaya manusia mendapatkan kebahagiaan dan terhindar dari kesusahan di dunia maupun di akhirat. Dialah yang maha mengetahui dan maha bijaksana, hukumnya penuh dengan keadilan, hikmah dan juga kebaikan, meskipun kadang samar atas sebagian manusia.

 

Oleh karena itu menjadi keharusan menjadi seorang muslim dan muslimah untuk ridha dengan hukum Allah dan yakin bahwasanya kebaikan semuanya di dalam hukum Allah, di dalam segala bidang kehidupan, aqidah, akhlak, adab, muamalah, ekonomi, kenegaraan, dan lain-lain.

 

Mengesakan Allah di dalam hukum-hukumnya adalah termasuk konsekuensi tauhid.

 

Allah berfirman:

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَن يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَن يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُّبِينًا

“Dan tidaklah pantas bagi seseorang laki-laki yang mukmin dan wanita yang mukminah apabila Allah dan Rasulnya telah menetapkan sesuatu ketetapan akan ada bagi mereka pilihan yang lain di dalam urusan mereka. Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasulnya, maka sungguh dia telah sesat dengan kesesatan yang nyata” (al-Ahzab: 36)

 

Saudaraku alhamdulillah dengan izin Allah dan karunianya, sampailah kita pada bagian yang  terakhir dari silsilah yang pertama ini, yaitu halaqah yang ke 25. Dengan berakhirnya silsilah pertama ini bukan berarti kita sudah merasa cukup memahami ilmu tauhid. Apa yang disampaikan dalam silsilah pertama ini baru sebagian kecil dari ilmu tauhid itu sendiri.

 

Belajar tauhid dan mengamalkannya tidak akan berhenti sampai ajal menjemput kita. Ikutilah majelis-majelis ilmu yang membahas tentang tauhid ini, bacalah buku-buku yang berkaitan dengan tauhid yang telah ditulis oleh para ulama yang terpercaya.

 

Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى merahmati kita semua, menghidupkan dan juga mematikan kita di atas tauhid.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan