Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Sihir

Halaqah 15 – Belajar Tauhid

Sihir

 

Sihir bermacam-macam jenisnya. Sihir yang merupakan kesyirikan adalah sihir yang terjadi dengan meminta pertolongan kepada setan. Padahal setan tidak akan menolong seseorang kecuali setelah melakukan perkara yang dia ridhoi, yaitu kufur kepada Allah. Dengan menyerahkan sebagian ibadah kepada setan tersebut, atau dengan menghina al-Qur’an, atau dengan mencela agama, dan sebagainya.

 

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ

“Dan bukanlah Sulaiman yang kafir akan tetapi setan-setanlah yang kafir, mereka mengajarkan sihir kepada manusia” (Al-Baqarah: 102)

 

Rasulullah ﷺ bersabda:

اِجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ وَمَا هُنَّ؟ قَالَ: اَلشِّرْكُ بِاللهِ وَالسِّحْرُ

“Jauhilah 7 perkara yang membinasakan. Para sahabat bertanya, apakah 7 perkara tersebut? Beliau manjawab, syirik kepada Allah, sihir…” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Hukuman bagi seorang tukang sihir jenis ini adalah hukuman mati bila dia tidak bertaubat, sebagaimana telah dicontohkan para sahabat nabi. Adapun yang berhak melakukan hukuman tersebut adalah pemerintah yang sah, bukan individu-individu.

 

Mempelajari sihir termasuk perkara yang diharamkan, bahkan sebagian ulama menghukumi pelakunya keluar dari Islam. Demikian pula meminta supaya disihirkan juga perbuatan yang haram. Karena Rasulullah ﷺ mengabarkan, bahwa bukan termasuk pengikut beliau orang yang menyihir dan minta disihirkan. Sebagaimana dalam sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh al-Bazzar di dalam musnadnya dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani رَحِمَهُ اللهُ.

 

Seorang muslim hendaknya mengambil sebab untuk membentengi diri dari sihir. Diantara adalah dengan menjaga dzikir-dzikir yang disyariatkan. Seperti dzikir pagi dan petang, dzikir-dzikir setelah sholat 5 waktu, dzikir akan tidur, mau makan, masuk rumah, keluar rumah, masuk kamar kecil, keluar dari kamar kecil, dan lain-lain. Selain itu juga membersihkan diri dan rumah dari perkara-perkara yang membuat ridho setan, seperti jimat-jimat, musik, gambar-gambar makhluk bernyawa, dan lain-lain.

 

Apabila qadarullah terkena sihir maka hendaknya bersabar, merendahkan diri kepada Allah, memohon darinya kesembuhan, dan berpegang dengan ruqyah-ruqyah yang disyariatkan, serta jangan pernah sekali-kali berusaha menghilangkan sihir dengan meminta bantuan jin, baik secara langsung maupun lewat dukun, paranormal dan yang semisal dengan mereka.

 

Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melindungi kita dan keluarga kita dari semua kejelekan di dunia dan di akhirat.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan