Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Terbitnya Matahari dari Barat

Halaqah 23 – Beriman Kepada Hari Akhir
Terbitnya Matahari dari Barat

Matahari setiap harinya meminta izin dari Allah untuk terbit dari timur. Sampai ketika sudah waktunya, maka Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى tidak mengizinkan matahari untuk terbit dari timur, dan menyuruhnya kembali dari tempat dia datang yaitu arah barat. Akhirnya terbitlah matahari dari barat (HR. Bukhari, shahih)

Terbitnya matahari dari barat adalah termasuk tanda-tanda besar dekatnya hari kiamat. Apabila manusia melihatnya, maka mereka akan beriman semuanya dan akan yakin bahwa kiamat memang sudah dekat.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

هَل يَنظُرونَ إِلّا أَن تَأتِيَهُمُ المَلائِكَةُ أَو يَأتِيَ رَبُّكَ أَو يَأتِيَ بَعضُ آياتِ رَبِّكَ يَومَ يَأتي بَعضُ آياتِ رَبِّكَ لا يَنفَعُ
نَفسًا إيمانُها لَم تَكُن آمَنَت مِن قَبلُ أَو كَسَبَت في إيمانِها خَيرًا قُلِ انتَظِروا إِنّا مُنتَظِرونَ

“Tidaklah mereka menunggu, kecuali kedatangan para malaikat (yaitu malaikat maut) atau kedatangan Allah, atau kedatangan sebagian tanda-tanda kebesaran Allah. Hari ketika datang sebagian tanda-tanda kebesaran tuhanmu tidak akan bermanfaat iman seseorang yang tidak beriman sebelumnya, atau belum beramal kebaikan di dalam imannya. Katakanlah: Tunggulah, sesungguhnya kita juga menunggu” (Al-An’am: 158)

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah ﷺ menafsirkan bahwa tanda kebesaran Allah di dalam ayat ini adalah terbitnya matahari dari barat. Saat itu orang kafir bertaubat dari kekafirannya, orang beriman yang sebelumnya menyia-nyiakan amal shalih maka dia akan bertaubat dan beramal shalih.

Namun pintu taubat dikala itu sudah tertutup, dan amal tidak akan diterima karena dilakukan di saat terpaksa. Kecuali orang mu’min yang sebelum munculnya matahari dari barat sudah beriman dan beramal shalih, maka amalannya akan diterima.

Oleh karena itu, seorang muslim hendaknya segera bertaubat kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى dari segala dosa bagaimanapun besar dosa yang dia miliki dan jangan menundanya.

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ تَابَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا تَابَ اللهُ عَلَيْهِ

“Barangsiapa yang bertaubat sebelum terbitnya matahari dari barat, maka Allah akan menerima taubatnya” (HR. Muslim)

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan