Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Tiupan Sangkakala yang Kedua

Halaqah 27 – Beriman Kepada Hari Akhir
Tiupan Sangkakala yang Kedua

Setelah tiupan pertama dan meninggal semua manusia, maka akan ditiup sangkakala untuk yang kedua kalinya. Dan jarak 2 tiupan adalah 40. Wallahu a’lam apakah 40 hari atau bulan atau 40 tahun.

Rasulullah ﷺ bersabda di dalam hadits Abu Hurairah:

مَا بَيْنَ النَّفْخَتَيْنِ أَرْبَعُونَ

“Diantara 2 tiupan 40”

Mereka bertanya kepada Abu Hurairah sahabat yang meriwayatkan hadits ini, 40 hari atau 40 bulan atau apakah 40 tahun. Maka beliau (yaitu: Abu Hurairah) enggan menjawabnya. Para ulama mengatakan karena tidak mengetahui ilmunya. Dan hadits ini shahih diriwayatkan Bukhari dan juga Muslim.

Dan diantara 2 tiupan inilah, Allah akan menurunkan hujan yang ringan, yang dengan sebabnya akan tumbuh jasad manusia di dalam kuburnya. Sebagaimana di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim.

Tulang ekor manusia yang telah dikabarkan oleh Nabi ﷺ bahwasanya dia tidak akan hancur, akan tumbuh seperti tumbuhnya tunas setelah hujan. Sehingga terbentuklah manusia kembali dengan izin Allah.

Rasulullah ﷺ bersabda:

ثُمَّ يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَيَنْبُتُوْنَ كَمَا يَنْبُتُ الْبَقْلُ وَلَيْسَ مِنَ الإِنْسَانِ شَيْءٌ لاَ يُبْلَى إِلاَّ عَظْمٌ وَاحِدٌ وَهُوَ عَجْبُ الذَّنَبِ مِنْهُ يُرَكَّبُ الْخَلْقُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Kemudian Allah akan menurunkan hujan dari langit, maka merekapun tumbuh, seperti tumbuhnya tunas. Tidak ada daripada manusia sesuatu kecuali akan rusak, kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor. Dan darinyalah akan dibentuk manusia pada hari kiamat” (HR. Bukhari dan Muslim)

Saudara sekalian, Allah lah yang telah menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada. Dan Dia-lah yang akan membangkitkan manusia setelah matinya.

Allah berfirman:

هُوَ الَّذِي يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ وَهُوَ أَهْوَنُ عَلَيْهِ

“Dan Dia-lah Allah yang menciptakan manusia dari permulaan. Kemudian akan mengembalikan, menghidupkan kembali. Dan menghidupkannya itu lebih mudah bagi Allah” (ar-Rum: 27)

Setelah terbentuknya jasad semua manusia, maka malaikat akan meniup sangkakala untuk yang kedua kalinya, dan akan dikembalikan ruh-ruh kepada jasadnya. Dan hiduplah manusia serta akan dibangkitkan dari kuburnya.

Allah berfirman:

ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

“Kemudian akan ditiup sangkakala yang kedua kalinya maka tiba-tiba mereka bangkit dalam keadaan menunggu” (Az-Zumar: 68)

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan