Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Turunnya Nabi Isa – Bagian 1

Halaqah 18 – Beriman Kepada Hari Akhir
Turunnya Nabi Isa – Bagian 1

Ketika orang-orang Yahudi berusaha membuat makar untuk membunuh nabi Isa عليه السلام, Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menyelamatkan beliau dengan mengangkat beliau ke atas kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى. Turunnya beliau عليه السلام ke bumi Allah jadikan salah satu tanda besar dekatnya hari kiamat.

Allah berfirman:

وَإِنَّهُ لَعِلمٌ لِلسّاعَةِ

“Dan sesungguhnya itu adalah tanda dekatnya hari kiamat” (Az-Zukhruf: 61)

Berkata Abdullah ibnu Abbas رضي الله عنه maksud dari hal itu adalah turunnya nabi Isa عليه السلام (Diriwayatkan olah ath-Thobari dalam tafsirnya)

Beliau turun di saat kaum muslimin sedang di masa genting menghadapi dahsyatnya fitnah Dajjal. Turun di waktu subuh dan sholat di belakang Imam Mahdi, imam kaum muslimin saat itu.

Rasulullah ﷺ bersabda:

كَيْفَ أَنْتُمْ إِذَا نَزَلَ ابْنُ مَرْيَمَ فِيكُمْ وَإِمَامُكُمْ مِنْكُمْ

“Bagaimana kalian jika turun Ibnu Maryam di tengah-tengah kalian dan imam kalian saat itu adalah dari kalian” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hal yang pertama kali beliau lakukan adalah membunuh Dajjal yang sedang mengepung sebagian kaum muslimin di Baitul Maqdis. Beliau membunuh dengan tombak kecil beliau setelah Dajjal hampir melarut habis seperti melarutnya garam karena melihat nabi Isa عليه السلام.

Kemudian umat Islam pun memerangi orang-orang yang bersama Dajjal, diantaranya adalah orang-orang Yahudi. Sampai batu dan juga pohon-pohonan membantu umat Islam memerangi orang-orang Yahudi.

Setiap ada orang Yahudi yang berusaha untuk bersembunyi di belakang batu atau pohon, maka berkatalah batu atau pohon tersebut, “Wahai muslim, ini Yahudi bersembunyi di belakangku, maka bunuhlah dia, kecuali pohon ghorqot” (HR. Muslim, Shahih)

Setelah itu keluarlah Ya’juj dan juga Ma’juj yang membuat kerusakan besar di permukaan bumi. Maka nabi Isa عليه السلام dan juga kaum muslimin berdoa kepada Allah supaya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى membinasakan mereka.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan