Toko Abdu Pojok Busana Ikhwan
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Ya’juj dan Ma’juj – Bagian 2

Halaqah 21 – Beriman Kepada Hari Akhir
Ya’juj dan Ma’juj – Bagian 2

Ya’juj dan Ma’juj keluar setelah binasanya Dajjal. Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى mewahyukan kepada nabi Isa عليه السلام:

أَنِّيْ قَدْ أَخْرَجْتُ عِبَادًا لِيْ لاَ يَدَانِ لأَحَدٍ بِقِتَالِهمْ، فَحَرِّزْ عِبَادِيْ إِلَى الطُّوْرِ

“Sesungguhnya aku telah mengeluarkan hamba-hambaku (Ya’juj dan Ma’juj), yang tidak seorangpun bisa melawan mereka. Maka kumpulkanlah hamba-hambaku (kaum Muslimin) ke gunung Thur. (HR. Muslim)

Jumlah mereka sangat banyak. Ketika orang-orang yang ada di bagian depan melewati sebuah sungai dan meminumnya, maka yang berada di akhir tidak mendapatkan air tersebut. Dan mengatakan “Dahulu disini ada airnya” (HR. Muslim)

Manusia lari dari Ya’juj dan Ma’juj, dan bersembunyi di benteng-benteng mereka setelah membuat kerusakan di bumi.

Maka Ya’juj dan Ma’juj berkata “Kita telah membunuh penduduk bumi, maka marilah kita membunuh penduduk langit” Merekapun mengarahkan anak panah mereka ke langit. Kemudian Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى mengembalikan anak panah mereka tersebut ke bumi dalam keadaan berlumuran darah. Merekapun mengatakan “Kita telah mengalahkan penduduk langit”. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, Shahih)

Ya’juj dan Ma’juj mengepung nabi Isa عليه السلام dan para sahabatnya di gunung Thur. Akhirnya beliau berdoa kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى. Maka Allah menurunkan ulat di leher-leher Ya’juj dan Ma’juj. Meninggallah mereka dalam satu waktu.

Kemudian turunlah nabi Isa عليه السلام dan pengikutnya, dan mereka tidak mendapatkan satu jengkal tanah kecuali disitu ada bangkai Ya’juj dan Ma’juj. Merekapun meminta kepada Allah supaya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى membersihkan. Akhirnya Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى mengirimkan burung yang membawa bangkai-bangkai mereka. Kemudian Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menurunkan hujan yang membersihkan bumi. (HR. Muslim, Shahih)

Dalam hadits shahih yang lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah ﷺ bersabda “Kaum muslimin akan menggunakan bekas busur, anak panah, tameng, dan kayu Ya’juj dan Ma’juj sebagai kayu bakar selama 7 tahun”. Ini menunjukkan banyaknya jumlah Ya’juj dan juga Ma’juj.

 


* Postingan ini hanya catatan admin tokoabdu.com dari hasil mendengar audio yang disampaikan pada grup HSI
* Tetap disarankan mengikuti program HSI Abdullah Roy agar lebih mendapatkan faidah ilmu dan juga mendapatkan sanad ilmu karena mendengarkan audionya secara langsung

Dian Amrillah

Kelahiran Desa Damarpura, OKU Selatan, Sekolah di Baturaja, Kuliah di Tangerang dan kini menetap bersama keluarga di Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Propinsi Sumatera Selatan